Subscribe:

Labels

Rabu, 19 Oktober 2011

Cara Bermain Drum



: : : gimana sie cara bermain drum yang baik dan cara latihannya.
: : : sehingga dalam jangka waktu pendek kita bisa bermain drum dengan mahir ???

tetapi kita harus memposisikan drumset dengan benar, yaitu dengan cara :

Menurut pengamatan pribadi, setiap drummer pemula yang baru mempunyai drum atau bahkan yang sudah lama. Mempunyai "kesalahan" dalam mengesetnya. Masalah me-ngeset drum sebenarnya cukup vital, jika anda mengesetnya dengan cara dan bentuk yang salah dampaknya akan berpengaruh pada permainan dan tubuh anda sendiri. Set drum yang tidak nyaman akan menyakiti tubuh seperti bagian punggung yang menjadi bungkuk dan tangan yang menjadi cepat pegal karena semuanya berjauhan. Dan karena anda tidak merasa nyaman saat memainkan drum, secara otomatis permainan anda akan sulit untuk berkembang. Selain itu, jika drum di-set secara benar... drum itu sendiri akan terlihat lebih bagus (good looking). Gambar A1 adalah posisi yang benar sedangkan gambar A2 adalah yang salah. Terlihat bedanya bukan?

Pada gambar A1 tom-tom saling berdekatan. Snare drum agak tinggi sehingga mudah untuk menggunakan tekhnik rimshot. Floor tom-tom dekat dengan tom 13". Hihat sedikit rendah sehingga 'playing area' lebih luas, anda bisa memainkan bagian atas hihat juga bukan hanya pada pinggirnya saja.

Pada gambar A2 tom-tom berjauhan sehingga susah untuk memainkan roll yang cepat. Snare drum terlalu rendah dan miring sehingga hampir tidak mungkin memainkan rimshot. Floor tom-tom terlalu miring dan rendah sehingga sulit untuk di akses. Dan cymbal hihat terlalu tinggi sehingga 'playing area' sangatlah terbatas, hanya pinggirnya saja yang mudah diakses.

Untuk memasang agar tom-tom menjadi lebih rapat, anda perlu memasang tom-tom lebih tinggi lagi. Dan untuk mudah meraih tom-tom yang tinggi, tinggal naikan saja posisi kursi drum anda. Bermain drum dengan posisi yang agak tinggi sedikit akan membuat tubuh lebih rileks. Lihat posisi tom holder, B1 yang benar dan B2 yang salah. Jika tom-tom saling berdekatan, anda akan dapat memainkan roll dengan mudah dan akan terasa lebih nyaman dan mudah untuk memainkannya.

Lihatlah perbedaannya pada gambar C1 dan C2.

Pada ilustrasi dibawah ini terlihat sekali perbedaannya. Yang benar, drumnya saling berdekatan dan posisi agak tinggi sehingga lebih enak dilihat dan yang salah, semua posisi drum berjauhan dan rendah sehingga drum terlihat jelek. Catatan: Selalu tinggikan posisi kursi anda untuk dapat memainkan set yang 'benar' secara nyaman.


Dan ini adalah tips agar pemrmainan Drum mu baik :

Berikut ini beberapa tips penting dalam bermain alat musik drum dan bagi loe para pemula, yang baru akan mempelajari alat musik ini, tentunya ini bisa membantu loe sebelum bermain alat musik ini.

1. Gunakan ear plug (penutup telinga) guna melindungi telinga dari kerusakan dan selalu gunakan pada saat latihan dan tampil.
2. Biasakan untuk menggunakan metronome setiap kali akan berlatih drum sehingga tempo loe senantiasa stabil.
3. Rileks, bermain drum jangan tegang dan jangan membuang-buang tenaga, tidak ada gunanya.
4. Selalu menyiapkan stick sendiri lebih dari satu pasang jika ingin tampil.
5. Jangan cepat puas dengan ilmu yang telah loe dapat, teruslah menambah ilmu.
6. Jangan fanatik pada satu atau dua aliran lagu saja, hal inilah yang dapat menghambat kreatifitas pemain dan membuat permainan loe menjadi monoton dan membosankan. Cobalah berbagai macam aliran musik dan usahakan loe dapat memainkan seluruh aliran musik yang ada.
7. Dalam bermainan drum harus melibatkan feel atau harus benar2 dirasakan, jangan asal pukul dan jangan pernah berpikiran bahwa semakin keras pukulan loe akan semakin bagus. Dan jangan juga loe berpikir bahwa semakin cepat loe bermain maka loe semakin hebat. Tidak juga, kekerasan dan kecepatan tidak ada sangkut pautnya dengan musikalitas.
8. Berlatih dari tempo yang lambat dan jika sudah sangat terbiasa, tingkatkan temponya perlahan-lahan. Bukankah loe harus belajar berjalan dulu baru bisa lari.
9. Dengarkan musisi lainnya, jangan hanya terfokus pada diri sendiri, dengarkan yang lain.
10. Jadilah pemain drum yang kreatif, beri variasi pada setiap permainan drum yang loe dapat. Karena drum masih merupakan sesuatu yang ‘baru’, masih banyak variasi baru yang bisa loe dapatkan.[klinikdrum]

0 komentar:

Poskan Komentar